Wednesday, October 5, 2011

Lakukan hal-hal kecil yang menyelamatkan ini !










Orang-orang sekitar gw suka kesel bin sebel gara2 gw cerewet banget kalo ada alat elektronik yang masih ijo alias masih hidup atau 'ngantung' mati gag nyala gag, padahal gag kepake...n selalu bilang apa hubungannya sama global warming,ni baca!


ini adalah 50 hal yg perlu lo lakukan untuk mengurangi global warming!
1. pilih tv flat screen monitor dibanding monitor tabung, karena lebih menghemat energi dan nggak bikin mata capek.


2. change light bulbs lamps into flourescent bulbs. if you do this untuk seluruh bagian rumah, banyak banget energi yang bisa dihemat!


3. keluarga kamu lagi berencana nambah satu mobil? daripada beli mobil besar yang borosnya minta ampun, mendingan pilih city car yang hemat bensin. selain bisa mengurangi pencemaran, mobil yang irit juga akan menghemat konsumsi bbm dunia dan menghemat uang.


4. the less packaging is the better. mulai sekarang, kalau beli-beli sesuatu, perhatiin kemasannya. kira-kira akan jadi sampah seberapa banyak?


5. sering ngelaudry baju di binatu? sebaiknya tolak plastik pembungkusnya. atau, khusus pesanan kamu, minta dimasukin ke kantong yang bisa dipake berulang-ulang dan satu kantong diisi oleh beberapa baju.


6. gunakan energi solar untuk keperluan air panas di rumah. dia hanya ngeluarin sedikit banget gas rumah kaca jika dibandingkan pemanas elektrik.


7. sediakan tong sampah mini di mobil. ini mencegah kamu membuang sanpah sembarangan di jalan yang bisa menyebabkan pencemaran air dan tanah yang lebih parah.


8. atur temperatur AC kamu nggak terlalu dingin. kalau malem, pakai selimut yang tipis aja supaya setingan AC nggak perlu mencapai angka belasan. pastiin juga jendela kamu nggak ada yang "bocor". naikin 2 derajat temperatur aja udah menghemat 900 kg CO2 dalam satu tahun!


9. always look for this logo setiap membeli barang. produk yang kemasannya mencantumkan logo Recycle, begitu dibuang nggak akan menjadi sampah menumpuk yang nggak boleh dibakar dan nggak gampang terurai.


10. persiapkan diri untuk energi alternatif Biofuel. bahan bakar ramah lingkungan yang juga akan menjadi solusi krisis bbm. let's switch to biofuel!



11. kurangi menerima brosurkatalog, flyer dan sebagainya. kalau lagi jalan-jalan di mal trus ditawarin kertas-kertas semacam ini, jangan diambil untuk kemudian di buang di tong sampah depan. kalau kasian sama salesyang nawarin, berhenti sebentar untuk baca, lalu kembalikan flyer tersebut. nggak usah takut dibilang aneh, this is a green area y'all!


12. belum punya mobil hybrid, belum pakai biofuel, pastikan mobil kamu dalam kondisi terbaiknya sehingga nggak boros bensin. ban yang kurang angin aja bisa boros CO2 sampai 100 kg/tahun lho!


13. gunakan rechargeable batery. tahu sendiri kan gimana borosnya benda kecil ini? sekalian beli yang mahal, biar nggak gampang rusak.


14. kalau di sekolah ada fasilitas antar jemput, manfaatin sebaik-baiknya. kalau setiap anak di dalam school bus bawa mobil sendiri, bayangin berapa CO2 yang lagi dibuang ke udara?!


15. konsumsi produk organikwhy, karena proses pembuatannya menggunakan less and less of energy. nggak menggunakan bahan kimia aja, artinya udah ngurangin penggunaan energi untuk produksi bahan kimia tersebut, ya kan?!


16. irit tissue! karena sama kayak kertas, tissue adalah produk hasil hutan. sebaiknya batasi pemakaian tissue 1-2 potong aja untuk sekali pakai. usahakan nggak menarik gulungannya kenceng-kenceng ya...


17. tunjukin kalau kamu benar-benar perduli dengan selalu membawa cloth bag (tas kain) sebagai pengganti kantong plastik. cuekin orang yang bilang kalau kamu aneh. they just don't understand yet, how the real situation is.


18. sebisa mungkin, beli kebutuhan sehari-hari yang diproduksi secara lokal. ini mengurangi bahan bakar dan emisi untuk transportasi barang-barang tersebut.


19. don't let the little red light, onmematikan secara tuntas satu elektronik aja bisa mencegah 450 kg CO2 melayang ke udara tiap tahunnya.


20. finish your food! sisa makanan merupakan salah satu sumber sampah yang besar. pesen porsi kecil aja, oke?!


21. punya banyak sepatu, baju, dan celana yang udah nggak dipake? jangan dibuang. mending disumbangin ke orang lain atau dimodif supaya lebihup to date.


22. logo ini harus kamu cari waktu membeli berbagai alat-alat kebutuhan rumah. mulai dari lampu sampai komputer dan mesin cuci, pasti ada yang menggunakan logo "Energy Star" yang artinya hemat energi. di tahun 2004 aja, produk Energy Star berhasil menghemat energi yang jumlahnya cukup untuk mensuplai 24 juta rumah di Amerika.


23. lagi pengen make over kamar dan mengganti warna cat tembok, pastikan kamu pilih cat yang terbuat dari latex daripada yang berbahan dasar minyak. pasalnya, cat latex mengeluarkan lebih sedikit gas dalam proses pengeringannya.


24. buka diri untuk sumber-sumber energi baru. di beberapa negara lain, udah ada perusahaan yang menyediakan energi dari tenaga angin dan matahari yang dapat diperbaharui. siapa tahu PLN mau melakukan pengembangan ini?!


25. own a bike! transportasi paling ramah lingkungan dan bikin sehat. lumayan buat si mbak ke warung atau mini market, supaya nggak dikit-dikit naik ojeg atau bajaj. atau kalau kebetulan kamu memakai sepeda untuk aktivitas sehari-hari, bisa beli sepeda elektrik yang lebih enak dibawa.


26. gunakan power strip yang ada switch on/off nya di kamar kamu. jadi kalau kamu mau pergi tinggal klik dan semua aliran listrik akan berhenti. tapi ada juga power strip yang bekerja kurang baik. cara ngetesnya, pegang kepala colokan dalam keadaan mati. kalau terasa hangat, berarti masih ada arus listriknya dan kamu harus mencabut colokan dari pangkalnya.


27. kamu suka buah apa? rambutan? tanam aja pohonnya di halaman. pada masa-masa awal, tunas pohon memang perlu perawatan yang cukup. tapi kalau udah tumbuh dan berbuah, manfaatnya kan banyak banget! oh iya, pakai pupuk alami ya, supaya rambutan kamu jadi rambutan organik.


28. berlama-lama menggosok badan di kamar mandi sih boleh-boleh aja. tapi airnya jangan dinyalain. selalu inget irit air saat mandi dan gosok gigi. kalau pakai air panas, set temperaturnya sebatas nggak dingin aja. ngaruhnya sama kayak AC.


29. jangan memakai produk sekali pakai atau disposable. kecuali di saat-saat mepet. apalagi kalau produknya nggak recycleable. itu sih bener-bener menimbun sampah mengingat waktu pemakaiannya yang singkat.


30. chosse walk! kalau untuk jarak 100-200 meter aja sih, kita-kita yang masih muda ini sebaiknya jalan kaki. kalau budaya jalan kaki dan fasilitas pejalakn kaki udah bagus, pasti kota besar nggak akan sesumpek dan semacet ini!


31. batasi pembelian kertas. misalnya kamu berkomitmen, pemakaian kertas maksimal di rumah dalam sebulan sebanyak 1/2 rim. kalau habis ya tunggu bulan depan untuk beli algi. lebih oke lagi kalau kertas yang kamu beli itu 100% recycled paper.


32. rumah kamu termasuk pengguna mesin cuci? kalau nggak menggunakan fitur pengeringnya, bisa hemat CO2 sampai 300 kg/tahun lho!


33. beli barang-barang yang emang kamu mau dan perlu. jangan suka tergoda karena kelucuannya, begitu sampai rumah cuma jadi sampah. bisa hemat uang kan?!


34. ayo jadi pelopor! matiin lampu kelas setiap kali istirahat, pelajaran olahraga, dan pulang sekolah. menurut sebuah survey di Amerika, kalau 10.000 sekolah mematikan lampu mereka selama 1 menit aja, udah menghemat 720 miliar rupiah! gimana kalo lebih dari 1 menit?!


35. manual first! pilih rautan, cukuran, dan alat-alat lain yang manual daripada elektronik. emang sih listriknya kecil, tapi kalau pakai manual, nggak terlalu repot. lebih baik menghemat kan?!


36. kumpulin semua kertas bekas yang ada di rumah, bawa ke tukang fotokopi untuk dipotong dan dijilid. jangan lupa bikin cover yang menarik. yang namanya notebook pasti kepake kok!


37. benda elektronik ini namanya Savaplug. berguna untuk mengurangi pasokan listrik bagi kulkas kamu sampai 20%. ini lumayan, mengingat kulkas adalah salah satu sumber penyerap energi yang biasanya menyala 24 jam.


38. JOIN dengan salah satu organisasi lingkungan hidup yang aktif menjalankan kegiatannya. dengan begini, kita jadi nggak ngerasa berjuang menyelamatkan bumi sendirian (gara-gara melihat orang di sekitar yang kurang peduli). selain itu, tenaga kita juga pasti bermanfaat banget untuk menjalankan misi-misi mereka.


39. kurangi mengonsumsi frozen food karena pembuatannya membutuhkan energi 10 kali lipat lebih besar dari makanan biasa.


40. setiap beli air mineral, jangan buang botolnya. bawa pulang. lain kali mau pergi, bawa botol tadi yang udah diisi ulang, jadi nggak perlu beli di jalanan lagi.


41. malem-malem pengen teh hangat, seduh air sebanyak isi cangkir teh kamu aja. jangan sampai berlebihan. selain hemat listrik, hemat air, hemat waktu juga lho!


42. support produk-produk dengan label eco-friendly. contohnya jeans terbaru Levis, Levi's {Capital E} Eco Collection yang terbuat dari kapas organik.


43. gas emisi pesawat terbang ternyata merupakan perusak iklim nomor satu! makanya, kurangi "jam terbang". kalau mau berlibur sama keluarga atau teman, ajak mereka menggunakan alternatif kendaraan umum lainnya, seperti kereta api. kecuali kalau jaraknya memang sangat jauh.


44. jadilah konsumen yang mendukung para produsen supaya lebih eco-friendly. contohnya membeli mobil Hybrid. jenisnya sekarang udah banyak. ada Toyota Camry, Honda Civic, Honda Accord, Lexus, Ford Escape, dll. mobil Hybrid ini sangat irit bensin karena mengkombinasikan energi operasinya dengan listrik. jadi gas emisi yang dikeluarkannya juga lebih sedikit.


45. salah satu gas yang banyak tekandung dalam gas rumah kaca adalah Methan. dan ternyata gas ini dikeluarkan secara alami oleh sapi dalam setiap nafasnya. that's why, kita harus mengurangi konsumsi sapi.


46. dapet plastik-plastik dari berbagai produk yang kamu beli, jangan dibuang. simpan dulu karena nantinya pasti berguna untuk wadah sesuatu.


47. tahun 2005 lalu, 21.000 ton sampah yang ada di Amerika adalahcartridge printer. jadi sekarang saatnya beli recycled cartridge yang kualitasnya bagus dan tentunya nggak ngerusak printer. alangkah baiknya kalau setelah dipakai, cartridge yang kosong dijual ke tukang recycled cartridge.


48. jangan bosen-bosen ngingetin orang untuk bertindak "hijau". spread the word, spread the knowledge, supaya semua orang di sekelliling kamu lebih aware sama isu lingkungan hidup.


49. NGARUH! malem-malem... udah ngantuk di tempat tidur. mata siap terpejam, tapi tape yang masih nyala. muncul deh pikiran, 'ah... palingan nggak ngaruh'. AYO! bangun sekarang juga dan matiin tape tersebut sampai tuntas. apa yang kita lakuin itu ngaruh banget. cuma ada dua, kalo kita nggak peduli, berarti kita lagi ngerusak.


50. TANAM KEPEDULIANMU!! setiap hari 10 pohon ditebang di Indonesia tanpa sanksi yang jelas. padahal, 1 pohon berarti nafas untuk banyak paru-paru di dunia. pertahankan hak kita untuk bernafas. tanam pohonmu sekarang juga!
udah baca? udah tau kan? 
so, let's get started!!


Sumber : Gogirl! Magazine 30/July 2007 *We Love Earth Issue*sumber : 

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Vlog